Data, Konstanta, Variable, Dan Operator dalam Algoritma Pemograman

DATA

Berupa Angka, huruf, simbol-simbol dan lain-lainnya. Data di bagi menjadi 3 yaitu :
  1. Data numerik -> Proses matematis, seperti angka
  2. Data String ->  Proses non matematis, seperti huruf
  3. Data Logika -> True atau false
KONSTANTA

Nilai yang sudah pasti, tidak dapat diubah. Digunakan untuk menyimpan suatu nilai/harga yang sering digunakan. contoh pesan = 'selamat datang'; umur = '4'; nilai = 90; pecahan = 0.98. Ada 2 tipe kontanta yaitu :
  1. Konstanta string/alfanumerik : "halo"; "123"; "saya ali"; "b"
  2. konstanta Numerik : 1000, 8.23
VARIABLE

Variable ialah nama yang mewakili nilai data, dimana nilai tersebut dapat berubah pada saat program dieksekusi. 
contoh :
  • pesan = 'selamat datang'
  • umur = '4'
  • nilai = 90
  • pecahan = 0.98
jadi ketika kita memanggil variable pesan maka yang akan keluar tulisan 'selamat datang'. Begitu juga ketika kita memanggil variable umur, nilai, dan pecahan. Ada 2 tipe Variable yaitu
  1. Variable String/Alfanumerik : "halo"; "123" ; "saya ali"; "b"
  2. Variable numerik : 1000; 8.23
OPERATOR

Simbol-simbol khusus yang digunakan untuk mengoperasikan suatu nilai data. Ada 4 jenis operator diantaranya :

  1. Operator Aritmatika : mengoperasikan data numerik, seperti : penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan lainnya. contohnya : ^ (pemangkatan); * (Perkalian); / (Pembagian); \ div (Pembagian Integer); MOD (Sisa Pembagian); + (Penjumlahan); - (Pengurangan) .
  2. Operator Relasi : = (Sama dengan) ; > (Lebih besar); < (Lebih kecil) ; <> (Tidak sama dengan) ; >= (Lebih besar atau sama dengan) ; <= (Lebih kecil atau sama dengan)
  3. Operator Logika : mengoperasikan operand secara logis, Yang umum digunakan : AND, OR contohnya : jika hadir > 14 AND nilai >=60 maka cetak 'LULUS'
  4. Operator String : Menggabungkan dua atau lebih operand string . Contohnya S= 'turbo' + 'pascal' sama artinya dengan S = 'TURBO PASCAL'






Tidak ada komentar:

Posting Komentar