Disusun Oleh :
Dewi Septyani
Dewi Anggaraini
Nur Jannah Indriyanti
Anis Surati
Stefany Ineke Loesi
Fitri Khumairoh
Juliana Dewi
Muhamad Arfin Aprianto
Fajar
Yosia Kelso
Agus Suratman
Nur Edwin Armanda Saputra
SEKOLAH
TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN TEKNOLOGI
WIDYA
CIPTA DHARMA
2015
DAFTAR
ISI
DAFTAR
ISI .................................................................................................................................. 2
BAB
I PENDAHULUAN................................................................................................................
3
BAB
II DASAR TEOR I ................................................................................................................. 4
BAB
III PEMBAHASAN ................................................................................................................ 6
BAB
IV PENUTUP ...................................................................................................................... 27
DAFTAR
PUSTAKA ................................................................................................................... 28
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang
Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa
dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor,
multimedia, bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang
dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Komputer sendiri telah banyak
dimanfaatkan oleh banyak orang. Secara fisik, komputer juga memiliki
komponen-komponen yang disebut hardware. Dalam dunia komputer pengertian dari
perangkat keras atau hardware adalah komponen fisik yang membentuk sebuah
sistem komputer. Hardware sendiri mempunyai sifat yang berbeda dengan software
yaitu dapat dilihat, diraba, dan berbentuk nyata. Jenis-jenis hardware pada
komputer tidak hanya tertuju pada bagian dalam komputer saja, melainkan semua
perangkat yang mendukung kinerja komputer. Kita sebagai manusia mau tidak mau
harus mengikuti perkembangan kemajuan
teknologi khususnya dibidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat
yang kita buat sendiri. Atas dasar itu kami membahasnya dalam bentuk makalah
dengan harapan dapat berguna bagi orang lain.
B.
Tujuan
-
Untuk melengkapi tugas kami
-
Agar dapat digunakan dengan
sebaik-baiknya atas informasi yang kami beritahukan melalui makalah ini
C.
Ruang
lingkup materi
-
Komponen-komponen perangkat keras
-
Teknologi terbaru dari komponen-komponen
perangkat keras
BAB
II
DASAR
TEORI
Hardware
dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang
juga disebut dengan dengan istilah instruction
set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut,
maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan
oleh pemberi perintah.
Secara fisik, komputer terdiri dari beberapa
komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang
saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak
berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada
komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen
perangkat keras (hardware).
Salah satu komponen dalam komputer yang mempengaruhi
suatu sistem komputer yaitu perangkat keras. Istilah perangkat keras komputer,
mengacu pada berbagai komponen elektronik yang digunakan secara bersama-sama
dan diletakkan dalam sebuah kotak yang disebut casing. Perangkat ini terdiri dari perangkat tertentu
dan mempunyai tugas tertentu dalam membangun sebuah sistem kerja komputer.
Ciri-ciri dari hardware adalah nampak fisiknya berupa barang, sehingga dapat
disentuh. Perangkat keras (hardware) itu sendiri berfungsi dengan baik di
karenakan adanya perangkat lunak sebagai sistem yang menjalankannya. Berikut
ini pengelompokan perangkat keras komputer yaitu :
1. Input
device : perangkat input / masukan
2. Process
device : perangkat yang menjalankan proses sistem komputer
3. Output
device : perangkat output / keluaran, menghubungkan sistem keluar
4. Storage
device : perangkat untuk menyimpan
Masing-masing
bagian perangkat keras memilki fungsinya masing-masing.
1. Input device
sebagai bagian yang menginput data, baik itu perintah maupun koneksi kedalam
sistem komputer. Ada bebrapa perangkat yang masuk kategori input device, di
antaranya keyboard, mouse, touchpad, joystick, scanner, dan lain-lain. Semua
perangkat tersebut memilki fungsi sebagai input data.
2. Process device
merupakan perangkat yang berhubungan dengan fungsi pemrosesan dalam komputer
itu sendiri. Diantaranya yaitu :
-
CPU/processor
merupakan singkatan dari Central
Processing Unit atau yang dikenal dengan istilahnya processor yaitu bagian terpenting yang menjalankan sistem komputer.
Bisa di ibaratkan sebagai otak pada komputer.
-
Memory
merupakan
perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara. Sehingga
membuat pengaksesan data yang sama lebih cepat. Maka dari itu ram besar berpengaruh
pada kecepatan computer.
-
Motherboard
merupakan
perangkat yang menghubungkan perangkat keras komputer antara yang satu dengan
yang lainnya.
3. Output device
Perangkat ini merupakan
perangkat komputer yang memberikan output atau keluaran, baik berupa tampilan
visual, suara, maupun tampilan cetak, dan lain sebagainya. Adapun yang termasuk
output device yaitu
-
Monitor : berfungsi untuk menampilkan proses
komputer daam bentuk gambar
-
Speaker : berfungsi untuk mengeluarkan
suara dari komputer
-
Printer : untuk mencetak pada media
kertas dan sebagainya
4. Storage device
Perangkat ini merupakan
media penyimpanan untuk menyimpan data-data komputer. Contohnya:
-
Hardisk : perangkat penyimpanan utama pada
komputer dengan sebutan drive :c, drive d dan seterusnya.
-
Floppy disk : biasa dikenal dengan
sebutan disket, yaitu penyimanan luar pertama, sangat populer pada saat sistem
dos. Sekarang sudah di gantika dengan cd/dvd dan flasdisk
-
Cd/dvd merupakan penyimpanan eksternal
berbentuk piringan yang bisa menyimpan data.
-
Flasdisk merupakan perangkat penyimpanan
eskternal yang saat ni paling banyak digunakan karena bisa menyimpan dan
menghapus data.
BAB
III
PEMBAHASAN
1.
Unit
masukan
Unit
masukan adalah alat untuk memasukkan data ataupun program untuk diolah oleh
komputer sehingga menjadi sebuah informasi. Unit / perangkat masukan atau input
device berguna untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.
Di bawah ini beberapa unit masukan
yaitu:
-
Keyboard
Yaitu sebuah papan yang
terdiri dari tombol huruf, angka dan simbol. Dalam bahasa Indonesia, keyboard
disebut juga papan tombol jari atau papan tulis. Keyboard dapat berfungsi
memasukkan huruf, angka, karakter khusus yang diperlukan seperti menyimpan file
dan membuka file dan perintah lainnya.
Ada beberapa jenis
keyboard sekararang ini yaitu:
a. Keyboard
secara fisik yaitu keyboard serial, keyboard ps/2, keyboard wireless dan
keyboard usb.
b. Keyboard
dalam bentuk dan tombol yaitu di bagi
atas: keyboard werty, keyboard d maltron, keyboard chord, keyboard alfabetik.
-
Mouse
Yaitu mouse komputer yang mempunyai istilah Indonesianya
tetikus ini adalah sebuah alat input (masukan) komputer yang digerakkan oleh
tangan, dan berfungsi mengubah gerakan menjadi instruksi/perintah. Dengan kata
lain, mouse ini berfungsi untuk
memindahkan pointer atau kursor secara cepat. Mouse pada umumnya memiliki tiga tombol, dimana 2 tombolnya
disebut sebagai tombol utama (2 main buttons) yaitu tombol kanan dan kiri.
Sedangkan 1 tombol lagi yang disebut sebagai scroll button (tombol roda/whell
button) ini yang berfungsi untuk menggulung atau memindahkan tampilan dari atas
kebawah, dari bawah ke atas dengan cepat
Jenis-jenis mouse yaitus mouse mekanik, mouse gyroscopic, mouse 3d (bats), wireless,
mouse optik dan sebagainya
-
Touch pad
Unit
masukan ini biasanya dapat kita temui pada laptop atau notebook
yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya touch pad ini digunakan sebagai pengganti mouse karena memang fungsinya sama dengan
mouse, yaitu merubah gerakan menjadi perintah.
-
Walaupun fungsinya sama dengan mouse, namun pemakaiannya harus ekstra
apik. Kalau mouse komputer rusak, maka kita bisa
segera ganti dengan yang lain.akan tetapi, jika alat ini sampai rusak, maka
anda tidak bisa semudah itu saja menggantinya dan tentunya ini akan menjadi
masalah besar bagi anda.
-
Joystick
Alat ini
biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan
mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
-
Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat
berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan
ke dalam memori komputer. Dengan demikian, fungsi scanner ini hampir sama
dengan mesin fotokopi. Hasil mesin fotokopi dapat langsung kita lihat pada
kertas, sedangkan hasil scanner ditampilkan pada layar komputer terlebih
dahulu, kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan
hasilnya menjadi bagus. Kemudian hasil dari scan-an dapat disimpan sebagai file
teks, dokumen, maupun gambar. Scanner ini disebut juga alat pindai atau
pemindai.
2.
Unit
memori
Memori (atau lebih tepat disebut memori fisik) merupakan istilah
generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer. Setiap program dan data yang sedang
diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori
fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan
selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu
masih hidup).
Beberapa jenis memori yang banyak digunakan adalah
sebagai berikut:
Memory yang paling sering digunakan saat ini
adalah memori Tembolok. Cache berasal dari kata cash. Dari
istilah tersebut cache adalah tempat menyembunyikan atau tempat
menyimpan sementara. Sesuai definisi tersebut cache memori adalah tempat menyimpan data sementara. Cara
ini dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang
pernah diakses pada cache tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin
diakses adalah data yang sama maka maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat.
Cache memori ini adalah memori tipe SDRAM yang memiliki kapasitas terbatas namun
memiliki kecepatan yang sangat tinggi dan harga yang lebih mahal dari memori
utama. Cache memori ini terletak antara register dan RAM (memori utama) sehingga pemrosesan data tidak langsung
mengacu pada memori utama.
Dalam
pembicaraan mengenai arsitektur komputer seperti arsitektur von Neumann,
misalnya, kapasitas dan kecepatan memori dibedakan dengan
menggunakan hierarki memori. Hierarki ini disusun dari jenis memori yang
paling cepat hingga yang paling lambat; disusun dari yang paling kecil
kapasitasnya hingga paling besar kapasitasnya; dan diurutkan dari harga
tiap bit memorinya mulai dari yang paling tinggi (mahal) hingga yang
paling rendah (murah).
-
RAM (RANDOM ACCESS MEMORY)
Memori akses acak adalah sebuah
tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap
tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan
dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan
drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk
mengakses data secara berurutan.
Pertama kali dikenal pada tahun 60’an. Hanya saja saat itu
memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat
itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic. Perusahaan semikonduktor
seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis
DRAM.
Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan
dengan memori-baca-saja (read-only-memory, ROM), RAM biasanya digunakan
untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan
mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa
jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang. Tetapi ada juga yang
berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang
sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja
memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah
dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian
dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan
kedalam satu atau dua chip ROM.
-
MEMORI CACHE
Cache
beasal dari kata cash. Dari istilah tersebut cache adalah tempat
menyembunyikan atau tempat menyimpan sementara. Sesuai definisi tersebut
cache memori adalah tempat menympan data sementara. Cara ini dimaksudkan
untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada
cache tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang
sama maka maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat. Cache memori ini adalah memori
tipe SDRAM yang memiliki kapasitas terbatas namun memiliki kecepatan yang
sangat tinggi dan harga yang lebih mahal dari memori utama. Cache memori ini
terletak antara register dan RAM (memori utama) sehingga pemrosesan data
tidak langsung mengacu pada memori utama.
-
Level Memori Cache
Cache memori ada tiga level yaitu L1,L2 dan L3. Cache memori
level 1 (L1) adalah cache memori yang terletak dalam prosesor (cache internal).
Cache ini memiliki kecepatan akses paling tinggi dan harganya paling mahal.
Ukuran memori berkembang mulai dari 8Kb, 64Kb dan 128Kb.Cache level 2 (L2)
memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu berkisar antara 256Kb sampai dengan
2Mb. Namun cache L2 ini memiliki kecepatan yang lebih rendah dari cache L1.
Cache L2 terletak terpisah dengan prosesor atau disebut dengan cache eksternal.
Sedangkan cache level 3 hanya dimiliki oleh prosesor yang memiliki unit lebih
dari satu misalnya dualcore dan quadcore. Fungsinya adalah untuk mengontrol
data yang masuk dari cache L2 dari masing-masing inti prosesor.
-
Memori Fisik
Memori fisik merupakan istilah generik yang
merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer. Setiap
program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam
memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena
data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih
dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup). Ketika komputer itu
direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memori fisik akan hilang. Oleh
karena itulah, sebelum mematikan komputer, semua data yang belum disimpan ke
dalam media penyimpanan permanen (umumnya bersifat media penyimpanan
permanen berbasis disk, semacam hard disk atau floppy
disk), sehingga data tersebut dapat dibuka kembali pada lain waktu.
Memori fisik umumnya
diimplementasikan dalam bentuk Random Access Memory (RAM), yang
bersifat dinamis (DRAM). Mengapa disebut Random Access,
adalah karena akses terhadap lokasi-lokasi di dalamnya dapat dilakukan secara
acak (random), bukan secara berurutan (sekuensial). Meskipun demikian,
kata random access dalam RAM ini sering menjadi salah kaprah.
Sebagai contoh, memori yang hanya dapat dibaca (ROM), juga dapat diakses
secara random, tetapi ia dibedakan dengan RAM karena ROM dapat menyimpan data
tanpa kebutuhan daya dan tidak dapat ditulisi sewaktu-waktu. Selain
itu, hard disk yang juga merupakan salah satu media penyimpanan juga dapat
diakses secara random, tapi ia tidak digolongkan ke dalam Random Access Memory.
-
Penggunaan Memori
Komponen utama dalam sistem komputer adalah Arithmetic Logic Unit
(ALU), Control Circuitry, Storage Space dan piranti Input/Output. Jika tanpa
memory, maka komputer hanya berfungsi sebagai digital signal processing
devices, contohnya kalkulator atau media player. Kemampuan memory untuk
menyimpan data, instruksi dan informasi-lah yang membuat komputer dapat disebut
sebagai general-purpose komputer. Komputer merupakan piranti digital, maka
informasi disajikan dengan sistem bilangan binary. Teks, angka, gambar, sudio
dan video dikonversikan menjadi sekumpulan bilangan binary (binary digit atau
disingkat bit). Sekumpulan bilangan binary dikenal dengan istilah BYTE, dimana
1 byte = 8 bits. Semakin besar ukuran memory-nya maka semakin banyak pula
informasi yang dapat disimpan di dalam komputer (storage devices). Berikut ini
beberapa gambar yang bisa mewakili bagaimana cara informasi disimpan dalam
memory dan bagaimana data ditransfer dari satu bagian ke bagian lainnya.
-
ROM (Read Only
Memory)
Read-only Memory (ROM)
adalah istilah bahasa Inggris untuk medium penyimpanan data
pada komputer. ROM adalah singkatan dari Read-Only Memory, ROM ini adalah
salah satu memori yang ada dalam computer. ROM ini sifatnya permanen, artinya
program / data yang disimpan didalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah
walau aliran listrik di matikan. Menyimpan data pada ROM tidak dapat
dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan
mudah. Biasanya program / data yang ada dalam ROM ini diisi oleh pabrik yang
membuatnya. Oleh karena sifat ini, ROM biasa digunakan untuk
menyimpan firmware (piranti lunak yang berhubungan erat dengan piranti
keras). Salah satu contoh ROM adalah ROM BIOS yang berisi program dasar
system komputer yang mengatur / menyiapkan semua peralatan / komponen yang ada
dalam komputer saat komputer dihidupkan. ROM modern didapati dalam
bentuk IC, persis seperti medium penyimpanan/memori lainnya
seperti RAM. Untuk membedakannya perlu membaca teks yang tertera pada
IC-nya. Biasanya dimulai dengan nomer 27xxx, angka 27 menunjukkan jenis ROM ,
xxx menunjukkan kapasitas dalam kilo bit ( bukan kilo byte ).
-
Mask ROM
Data pada ROM dimasukkan langsung melalui mask pada
saat perakitan chip. Hal ini membuatnya sangat ekonomis terutama jika kita
memproduksi dalam jumlah banyak. Namun hal ini juga menjadi sangat mahal karena
tidak fleksibel. Sebuah perubahan walaupun hanya satu bit membutuhkan mask
baru yang tentu saja tidak murah. Karena tidak fleksibel maka jarang ada yang
menggunakannya lagi. Aplikasi lain yang mirip dengan ROM adalah CD-ROM
prerecorded yang familiar dengan kita, salah satunya CD musik. Berbeda
dengan pendapat banyak orang bahwa CD-ROM ditulis dengan laser,
kenyataannya data pada CD-ROM lebih tepatnya dicetak pada piringan
plastik.
Jenis-Jenis ROM
-
Mask ROM
-
PROM
-
EPROM
-
EAROM
-
EEPROM
-
Flash Memory
-
FLASH MEMORY
Memori kilat
(flash memory) adalah sejenis EEPROM yang mengizinkan banyak
lokasi memori untuk dihapus atau ditulis dalam satu operasi pemrograman.
Istilah awamnya, dia adalah suatu bentuk dari chip memori yang dapat ditulis,
tidak seperti chip memori akses acak/RAM, memori ini dapat menyimpan
datanya tanpa membutuhkan penyediaan listrik. Memori ini biasanya digunakan
dalam kartu memori, kandar kilat USB (USB flash drive),pemutar
MP3, kamera digital, dan telepon genggam.
-
DVD
DVD
adalah sejenis cakram optik yang dapat digunakan untuk
menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video
dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD. “DVD” pada awalnya
adalah singkatan dari digital video disc, namun beberapa
pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc
(cakram serba guna digital) agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video
saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang
nama resminya adalah “DVD” saja, dan huruf-huruf tersebut secara “resmi” bukan
singkatan dari apapun. Terdapat pula perangkat lunak yang membolehkan
pengguna untuk mencadangkan (back-up) DVD sendiri seperti DVD
Decrypter dan DVD Shrink.
3.
Unit
pemrosesan
-
Power
supplay
Power supplay
menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan cpu power supplay
mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan
komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya
sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer
yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt
dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan periferal (
unit tambahan).
-
Ram
(random access memory) – memory
Ram merupakan singkatan
dari random access memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu memori.
Memory atau ram merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi
sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan
menyuplai data-data penting yg dibutuhkan processor dengan cepat untuk diolah
menjadi informasi.
-
Kartu
grafis (unit keluaran)
Kartu grafis, atau
kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan
menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian
komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama cpu pada
komputer. Beberapa kartu grafis
menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala tv,
menguraikan mpeg-2 dan mpeg-4, firewire, dan menghubungkan menuju beberapa
layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah
ati, matrox, dan nvidia.
-
Prosesor (unit pemprosesan)
Pengertian prosesor,
atau yang biasanya disebut dengan cpu, adalah otak dari komputer. Prosesor
adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan
komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di itunes, dan
menjalankan sistem operasi anda.
-
Motherboard (unit pemprosesan)
Motherboard atau papan
induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling
terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard
inilah perangkat keras seperti harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat
keras lain dihubungkan. Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini
adalah motherboard milik pc yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat
sesuai dengan spesifikasi pc ibm.
4.
Unit
keluaran
Unit
keluaran (output device) merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan
hasil pemrosesan ataupun pengolahan data hasil proses. Hasil pemrosesan
tersebut dapat digolngkan menjadi empat bentuk yaitu tulisan (huruf, angka,
symbol khusus), image (gambar atau grafis), suara dan bentuk lain yang dapat
dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output
yang dapat digunakan langsung oleh manusia sedangkan golongan terakhir biasanya
digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer. Di bawah ini
terdapat beberapa unit keluaran (output device):
-
Monitor
Monitor komputer merupakan salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor adalah display adaptor yang dapat menampilkan informasi melalui proses oleh kartu video (video card) komputer. Ketika kartu video atau kartu grafis mengubah informasi biner dari 1s dan 0s menjadi gambar, gambar ini ditampilkan ke monitor yang terhubung secara langsung. Ada berbagai jenis monitor, termasuk cathode ray tube (CRT) dan liquid crystal display (LCD). Monitor memiliki fungsi layar yang terdiri dari tombol power, pengontrol kecerahan, kontras dan posisi.
Monitor komputer merupakan salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor adalah display adaptor yang dapat menampilkan informasi melalui proses oleh kartu video (video card) komputer. Ketika kartu video atau kartu grafis mengubah informasi biner dari 1s dan 0s menjadi gambar, gambar ini ditampilkan ke monitor yang terhubung secara langsung. Ada berbagai jenis monitor, termasuk cathode ray tube (CRT) dan liquid crystal display (LCD). Monitor memiliki fungsi layar yang terdiri dari tombol power, pengontrol kecerahan, kontras dan posisi.
Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti
layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat
resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar
yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah
sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai
dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
Monitor Komputer yaitu salah satu dari tiga cara yaitu data yang dihasilkan oleh komputer yang dapat berkomunikasi kepada pengguna. Dua cara lain adalah melalui suara atau dengan mengirimkan informasi ke printer. Pada tahap perkembangan ini, komponen visual dari sebuah sistem komputer – monitor atau layar – adalah cara tercepat dan termudah untuk melihat hasil proses komputer. Monitor berfungsi sebagai Output dari memori komputer atau central processing unit berupa biner. Ini harus diubah menjadi bahasa manusia dan ditampilkan kemonitor sehingga bisa dibaca oleh pengguna. Semua monitor memiliki jenis resolusi yang digunakan untuk menampilkan gambar. Ukuran inci LCD memberitahu apa jenis resolusi yang tersedia. Sebuah layar monitor 17-inci dapat memiliki resolusi 1024×768, sedangkan layar 20-inci akan memiliki 1600×1200. Jumlah dalam inci adalah ukuran layar monitor diagonal, sementara resolusi adalah lebar pixel dengan tinggi pixel. Meskipun laptop memiliki built-in monitor, beberapa laptop tersedia dengan port S-Video, yang memungkinkan kabel S-Video untuk plug ke televisi tertentu. Ketika televisi berubah ke input yang tepat, akan bertindak sebagai cloning.
-
Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan, gambar muapun grafik dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis printer dot metrix, printer ink jet, dan printer laser jet.
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan, gambar muapun grafik dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis printer dot metrix, printer ink jet, dan printer laser jet.
Adapun istilah resolusi pada printer itu sendiri, yaitu dpi atau singkatan dari dot per inch. Maksud dari istilah tersebut adalah banyaknya jumlah titik dalam area yang memiliki luas 1 inci. Apabila semakin besar resolusi printer, maka bisa dipastikan hasil cetakan juga akan semakin bagus. Dan sebaliknya, apabila resolusi printer yang diusungnya terbilang kecil, maka hasil cetakan pun juga tidak terlalu bagus.
-
Speaker
Speaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, speaker adalah transduser atau alat yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput. Speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suara. Speaker juga bisa di sebut alat bantu untuk keluaran suara yang dihasilkan oleh perangkat musik seperti MP3 Player , DVD Player dan lain sebagainya.
Speaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, speaker adalah transduser atau alat yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput. Speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suara. Speaker juga bisa di sebut alat bantu untuk keluaran suara yang dihasilkan oleh perangkat musik seperti MP3 Player , DVD Player dan lain sebagainya.
Dalam
konteks komputerisasi, speaker memiliki fungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang
listrik yang mulanya dari perangkat penguat audio/suara menjadi gelombang
getaran yaitu berupa suara itu sendiri. Proses dari perubahan gelombang
elektromagnet menuju ke gelombang bunyi tersebut bermula dari aliran listrik
yang ada pada penguat audio/suara kemudian dialirkan ke dalam kumparan
Dalam kumparan tadi terjadilah
pengaruh gaya magnet pada speaker yang sesuai dengan kuat-lemahnya arus listrik
yang diperoleh maka getaran yang dihasilkan yaitu pada membran akan mengikuti.
Dengan demikian, terjadilah gelombang bunyi yang
dalam keseharian dapat kita dengar.
Teknologi Terbaru
Kecepatan
komputer selalu didambakan oleh siapa saja. Berbagai usaha dan penelitian terus
dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komputer. Beberapa waktu yang lalusuper
komputer tercepat di dunia telah hadir untuk membantu militer amerikamelakukan
perhitungan. Kini giliran sebuah teknologi di bidang Memory komputer. IBM dan beberapa perusahaan pengembang yang
lain berencana menggunakan MRAM, MRAM ini akan memutar elektron-elektron untuk
mengganti kutub magnet. Hal ini juga dikenal sebagai spin-torque MRAM (Torsi
putar MRAM) teknologi inilah yang kini sedang dikembangkan oleh para fisikawan
dan insinyur Jerman.Dengan membangun pilar-pilar kecil berukuran 165 nano
meter, akan mengakibatkan magnet variabel pada atas lapisan akan mengakibatkan
arus listrik mengalir dari bawah ke atas dan akan memutar posisi elektron.
Medan magnet ini akan berubah dan hanya membutuhkan sedikit waktu untuk merubah
kutub medan magnet ini. Kemudian kutub utara dan selatan akan bertukar
1.
MRAM (Magnetoresistive Random Access Memory)
MRAM atau Magnetoresistive Random Access Memory
adalah memori (RAM) yang menggunakan teknologi electron spin untuk menyimpan
informasi di sebuah komputer. MRAM telah disebut "memori yang ideal", yang menggabungkan potensi
kepadatan dari DRAM dengan
kecepatan SRAM dan non-volatility dari flash
memory atau cakram keras. MRAM dapat
menolak radiasi tinggi, dan dapat beroperasi dalam kondisi suhu yang ekstrem. MRAM sangat cocok untuk aplikasi militer dan ruang.
-
Keunggulan MRAM
MRAM sebenarnya
dapat menggantikan semua memori di komputer - DRAM, flash dan
bahkan cakram keras. MRAM juga
dapat bersaing dengan kecepatan SRAM (CPU cache memory). MRAM diaktifkan komputer akan dapat segera
terpasang (karena tidak akan ada perlu ada beberapa tipe memori seperti hari
ini). MRAM dalam ponsel dapat berarti lebih banyak penyimpanan, dan lagi
baterai.
-
Penjualan MRAM
Pada bulan Juli 2006, Freescale mulai menjual secara komersial MRAM modul pertama, dengan 4Mbit memori,
seharga $AS 25. Saat itu masih sangat mahal dan rendah densitiy, dan mungkin
sesuai yang sangat kecil daftar pilih pelanggan. Freescale melaporkan pada 2008, mereka sudah mampu menjual lebih dari satu juta
chips, dan memiliki lebih dari 40 pelanggan untuk teknologi MRAM mereka. Beberapa
perusahaan lain yang juga bekerja pada MRAM, dan mencari waktu yang baik untuk
ponsel dengan MRAM, MRAM atau Disk-On-Key kemungkinan pada 2010. Toshiba, misalnya, yang
bekerja pada chip 1GB , dan
mengatakan bahwa pada tahun 2015 akan menjadi kompetitor bagi DRAM.
-
MRAM Jenis Baru
Ada beberapa "jenis baru" MRAM (STT-RAM, NV-RAM, dll), yang
menjanjikan untuk memberikan kepadatan lebih tinggi dan lebih manufaktur yang
lebih murah. Saat ini beberapa perusahaan (Hynix, Grandis, STT, Samsung) yang bekerja di STT-RAM (MRAM Spin Transfer), yang mungkin menjanjikan
teknologi MRAM terbaru, meskipun terlalu dini untuk mengatakan hal itu.
Perangkat Input dan Output Terbaru
A. Keyboard
Keyboard berfungsi untuk memasukan huruf, angka, karakter khusus dan
melakukan instruksi-instruksi (perintah) lainnya.Teknologi keyboard yang
baru saat ini adalah LiteTouch keyboard nirkabel terbarunya.
Keyboard yang satu ini dilengkapi dengan sebuah LCD 3-in-1 Media Panel sentuh
yang sensitif di sisi kanan yang dapat diatur ke mode MyEclipse untuk tombol
yang disesuaikan, modus angka pad dan modus media dengan multimedia shorcut.
Keyboard LiteTouch yang memiliki tampilan yang ramping ini memiliki
fitur kunci gunting quiettouch low-profile dengan Trueview backlit. Selain itu,
juga menggunakan teknologi nirkabel 2.4GHz sehingga keyboard ini dapat
dipergunakan hingga jarak penggunaan mencapai 10 meter dari jangkauan.Mengenai
harga di pasaran, Keyboard Wireless Eclipse LiteTouch ini per unitnya di
pre-order seharga 129,99 USD atau sekitar 1,3 juta rupiah. dan untuk keyboard
versi kabelnya, ternyata hanya dibandrol seharga 99,99 USD atau sekitar 1 juta
rupiah.
B. Mouse
Mouse merupakan
salah satu alat masukan yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor
secara cepat.Teknologi terbaru mouse saat ini adalah X MARK I.
Canon mengumumkan di Inggris sebuah mouse unik dan serbaguna bernama yang
merupakan perangkat keren yang menggabungkan tiga fungsi dalam satu alat saja,
yaitu menjadi kalkulator pribadi yang juga bertindak sebagai mouse nirkabel
laser serta keypad numerik untuk PC.
Mouse X MARK I ini juga ramah lingkungan. Casingnya telah dibuat menggunakan plastik yang sebelumnya digunakan di berbagai mesin fotokopi Canon, untuk mengurangi limbah. Harga perangkat three in one mouse ini adalah Euro 48,99 atau 580 ribuan rupiah.
C. Scanner
Jika dilihat dari segi fungsinya Scanner mirip seperti mesin fotocopy.
Perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya langsung dicetak pada kertas sesuai
aslinya, tidak dapat ditambah, dikurangi, dimodifikasi dan tidak dapat disimpan
dalam media penyimpanan. Sedangkan scanner hasilnya langsung ditampilkan
melalui monitor, dan hasil tersebut dapat dilakukan perbaikan atau modifikasi
dan dapat disimpan dalam media penyimpanan.Teknologi terbaru scanner saat ini
produk 33mm Slide Scanner, yang mana dapat mengkonversi slide
negatif foto dan mengubahnya ke dalam bentuk digital dengan sangat cepah dan
mudah tentunya. Scanner canggih ini tidak perlu lagi dihubungkan ke
komputer. Sekali Anda mengkonversinya, Anda juga dapat menampilkan hasil
scanning Anda ke dalam bentuk slide show pada layar berukuran 2.4 inchi ataupun
menghubungkannya langsung ke komputer ataupun TV sehingga bisa melihat hasilnya
lebih jelas lagi.
Nantinya gambar yang dipindai menggunakan scanner ini akan menjadi gambar dengan kualitas 5 megapixel. Alat scanner ini sudah dilengkapi dengan memori internal 32MB dan dukungan kartu memori SD/SDHC berkapasitas hingga 16GB. Alat ini siap dipasarkan pada kisaran harga sekitar 129.95 USD atau sekitar 1,3 juta rupiah.
D. Joystick
menambah sederet macam joystick yang ada, baru-baru ini xcm memperkenalkan model joystick rumble terbaru dan pertama kali ada dan sengaja dirancang untuk dapat digunakan pada game playstation 3. Alat ini memiliki 4 tombol yang katanya bisa diprogram untuk menjadi 20 tombol dengan gerakan combo. Selain itu, alat ini juga dirancang dengan built-in independent rapid fire atau modus turbo.
OUTPUT DEVICE
Output device untuk melihat hasil
pengolahan data komputer. Output atau hasil pengolahan data tersebut dapat
berupa tulisan, image atau gambar, suara, dan bentuk yang dapat dibaca oleh
mesin (machine readable form). Sekarang telah dibuat berbagai macam Output
device computer dengan teknologi canggih. Tentu nya memanjakan para user
.Macam-macam Ouput device (alat keluaran) komputer, yaitu :
A. Monitor
Monitor adalah salah satu jenis soft-copy device, karena
keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang
tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data
ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti
layaknya sebuah televisi.Salah satu
teknologi monitor super canggih yakni di produksi oleh Samsung. Perusahaan ini
memamerkan sebuah 18.5-inch USB powered LCD di acara SID (acara Society For
Information Display) 2010. Layar Samsung USB ini super efisien untuk sumber
dayanya, yaitu hanya membutuhkan daya 6.3W. Saat dipamerkan, monitor ini
terhubung ke PC dengan USB 2.0 port di Samsung booth dan hanya memiliki port
USB untuk memasok listrik ke layar 18,5 inci terbabut.
Samsung telah membuat beberapa perbaikan transmitansi dan efisiensi pencahayaan dari lampu belakang panel, sehingga membuat layar Samsung USB membutuhkan daya yang sangat rendah. Fitur dari layar ini adalah LED enabled edge-lit type backlight dengan rasio kontras 1,000:1 dengan resolusi 1.366 x 768px, pencahayaan 250cd/m2 . Satu-satunya kekurangan? Rupanya dengan tipe backlight seperti ini, umur dari perangkat ini terbatas untuk 30.000 jam dibandingkan 50.000 jam untuk monitor LCD yang sudah ada.
Samsung telah membuat beberapa perbaikan transmitansi dan efisiensi pencahayaan dari lampu belakang panel, sehingga membuat layar Samsung USB membutuhkan daya yang sangat rendah. Fitur dari layar ini adalah LED enabled edge-lit type backlight dengan rasio kontras 1,000:1 dengan resolusi 1.366 x 768px, pencahayaan 250cd/m2 . Satu-satunya kekurangan? Rupanya dengan tipe backlight seperti ini, umur dari perangkat ini terbatas untuk 30.000 jam dibandingkan 50.000 jam untuk monitor LCD yang sudah ada.
B. Infocus
Infocus hampir sama dengan monitor. Fungsinya adalah untuk menampilkan
gambar/visual hasil pemrosesan data. Hanya saja, infocus memerlukan obyek lain
sebagai media penerima pancaran sinynal-sinynal gambar yang dipancarkan. Media
penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih
(terang). Biasanya yang digunakan adalah dinding putih, whiteboard,
ataupun kain/layar putih yang dibentangkan.Teknologi canggih di terapi pada Proyector
pico yang hadir dengan ukuran kecil dan mudah di bawa kemana saja.Kali ini Optoma kembali memperkenalkan
proyector pico dengan model PK201 dan PK301.
Saat ini keduanya sedang memasuki masa pre-order.Apa
saja kiranya yang dapat Anda temukan dari generasi terbaru proyector pico ini?


Kedua proyector ini berukuran 0.3 inchi WVGA DLP dengan resolusi 854×480. Tingkat kontras rasionya sendiri 2000:1 dan sudah ada lampu LED. Untuk model PK201 terdiri dari 20 lumen dan PK301 terdiri dari 50 lumen yang mana menentukan tingkat kecerahan warna dari masing-masing proyector.Keduanya juga sudah dilengkapi dengan slot kartu microSD dan dapat digunakan untuk memutar lagu dan video.Tertarik memilikinya? Tak jauh berbeda dari proyektor pico terdahulu, kedua model proyektor baru ini masih berada di kisaran harga yang sama dengan yang lama. Untuk model PK201 dibandrol dengan harga 299.99 USD atau sekitar 3 juta rupiah. Sedangkan untuk PK301 dibandrol dengan kisaran 399.99 USD atau sekitar 4 juta rupiah.
C. Printer dan
Plotter
Printer dan
plotter adalah jenis hard-copy device, karena keluaran hasil proses
dicetak di atas kertas. Printer memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran,
serta ketajaman hasil cetak. Ukuran kertas yang dapat digunakan pun
beragam.Tetapi, untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran yang sangat besar,
digunakanlah plotter.Teknologi terbaru pada Printer saat ini di miliki Kodak
5250.
Memperkenalkan ke hadapan publik, printer all-in-one terbaru Kodak 5250
yang bisa menjadi perangkat elektronik yang mudah dibawa kemana saja dan juga
memiliki fitur yang sangat komplit.Selain itu, benda ini juga dilengkapi dengan
Wi-Fi sehingga Anda bisa mengendalikannya menggunakan jaringan Wi-Fi untuk bisa
mencetak gambar ataupun dokumen yang Anda ingin cetak saat itu juga.Dengan
printer canggih Kodak ESP 5250 ini, Anda dapat mencetak gambar dengan warna
yang lebih hidup nan nyata, ataupun juga untuk gambar dengan kualitas seperti
yang dihasilkan dari laboratorium berkualitas. Selain itu kabarnya dengan
printer ini, Anda juga bisa menghemat lebih banyak biaya karena tinta yang
digunakan pada printer ini juga tak terlalu mahal namun dari segi kualitas
hasil akan sangat bagus sekali.
BAB
IV
PENUTUP
Kesimpulan
Dari
tahun ketahun perkembangan komputer terus bertambah. Alat-alat yang sering
digunakan juga mulai semakin canggih. Ini bisa di lihat dari perkembangan dan
penggunaan media elektronik, terutama pada perangkat keras komputer, seperti
keyboard, printer, monitor, speaker, memori ram / rom, hardisk dan flesdik.
Dengan adanya alat-alat elektronik tersebut pekerjaan pun terasa mudah .
Perangkat keras yang selalu di perbarui mendapatkan tanggapan positif dari
pemakainya. Dan dengan adanya perangkat keras yang semakin modern ini,dapat
memberikan dukungan atau support yang bisa memudahkan, dan memajukan tenologi
informasi. Perangkat keras yang memiliki fungsi penting ini, bisa di kelola,
bisa dikembangkan dengan sendiri.teknologi yang semakin mempermudahkan pekerjaan.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar